Silahkan dibaca dan dipahami Frequently Asked Questions berikut untuk mengatasi kendala yang mungkin dihadapi pada saat Perwalian nanti:

Q : Apa itu Perwalian?
A : Perwalian adalah proses awal yang wajib dilakukan oleh mahasiswa sebelum menjalankan perkuliahan. Sebelumnya Mahasiswa dapat konsultasi terlebih dahulu dengan Dosen Wali dalam merencanakan studi selama 1 semester ke depan. Perwalian dilakukan dengan menyusun KRS (Kartu Rencana Studi) secara online melalui laman: http://e-krs.stikom-bali.ac.id/ sesuai dengan jadwal masing-masing.
Q : Siapa saja yang wajib melakukan Perwalian?
A : Seluruh Mahasiswa yang masih terdaftar di ITB STIKOM Bali wajib melakukan Perwalian. Apabila Mahasiswa tidak/belum melakukan Perwalian pada awal semester, maka Mahasiswa tersebut dianggap tidak aktif.
Q : Apa saja syarat untuk melaksanakan Perwalian?
A : Mahasiswa harus melakukan registrasi di Bagian Keuangan, lalu melengkapi semua persyaratan sertifikasi sesuai dengan ketentuan pada setiap semesternya. Syarat perwalian serta informasi tentang sertifikasi dapat dilihat pada pengumuman di SION.
Q : Kapan Perwalian dilaksanakan?
A : Perwalian dilaksanakan sebelum perkuliahan dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Perwalian Tahun Ajaran 2020/2021 dilaksanakan pada tanggal 3 - 13 September 2021.
Q : Bagaimana dengan jadwal Perwalian bagi setiap Mahasiswa?
A : Jadwal Perwalian dari setiap mahasiswa dapat dilihat pada menu Informasi Perwalian (https://sion.stikom-bali.ac.id/perwalian) di web SION masing-masing. Pastikan bahwa syarat Perwalian (registrasi dan/atau sertifikasi sudah terpenuhi).
Q : Syarat Perwalian sudah dipenuhi, namun mengapa jadwal Perwaliannya masih belum muncul?
A : Perhatikan catatan yang muncul, kemudian lakukan hal yang sesuai dengan catatan tersebut. Apabila ada hal yang kurang jelas, dapat dilaporkan ke tim support Perwalian (akan lebih baik jika dapat menunjukkan hasil screen shot dari catatan perwalian tersebut)
Q : Apa saja yang harus disiapkan dalam Perwalian?
A : Karena Perwalian dilaksanakan secara online (daring) maka Mahasiswa perlu menyiapkan koneksi internet yang stabil. Selain itu Mahasiswa juga perlu menyiapkan NIM dan Password (seperti yang digunakan untuk login pada SION). Bagi Mahasiswa semester 3 keatas, maka silahkan lihat juga pengumuman tentang daftar mata kuliah yang akan dibuka dalam perwalian kali ini.
Q : Saya tidak bisa mengambil matakuliah, bagaimana selanjutnya?
A : Silahkan periksa kembali matakuliah yang dibuka pada semester ini, jika tercantum mata kuliah tersebut dan sesuai dengan semester anda namun tidak dapat dipilih, maka kemungkinan kelas tersebut sudah penuh terisi, silahkan pilih matakuliah yang lainya. Jika matakuliah yang anda pilih tersebut tercantum pada daftar kelas yang dibuka namun bukan pada semester anda saat ini, maka matakuliah tersebut baru hanya bisa anda pilih di sesi pemaksimalan. Silahkan daftar di Pemaksimalan SKS disini. Namun jika mata kuliah yang anda inginkan tidak terdaftar pada matakuliah yang dibuka, maka silahkan kemungkinan besar matakuliah tersebut tidak dibuka Perwalian kali ini.
Q : Sisa mata kuliah yang wajib ditempuh tidak dibuka pada Perwalian kali ini, apa yang harus dilakukan?
A : Mahasiswa dapat menempuh matakuliah lintas konsentrasi dan/atau lintas Program Studi, dimana mata kuliah tersebut nantinya akan menjadi mata kuliah pilihan yang kemudian dapat dikonversi / dibarter dengan mata kuliah wajib pada masing-masing program studi (sesuai dengan nilai sks pada setiap mata kuliah). Mata kuliah yang tidak bisa di barter: Kerja Praktek, Tugas Akhir I, dan Tugas Akhir II
Q : Dimana bisa melihat informasi mata kuliah yang akan dibuka pada Perwalian kali ini?
A : Daftar mata kuliah yang dibuka pada masing-masing Program Studi serta mata kuliah yang bisa ditempuh lintas Program Studi dapat dilihat pada pengumuman di SION.
Q : Apa yang harus dilakukan apabila kendala yang dialami tidak ada pada FAQ ini?
A : Segera menghubungi tim Support Perwalian.
Q : Dimana saya dapat mendapatkan informasi mengenai Perwalian Semester Genap 2020/2021 ?
A : Kami semaksimal mungkin memanfaatkan resource kami untuk memberikan informasi mengenai perwalian kepada Anda. Silahkan cek berkala informasi perwalian melalui SION, atau untuk media sosial bisa follow akun Instagram Akademik STIKOM Bali di @akademikstikombali.
Q : Bagaimana cara menghubungi Support Perwalian?
A : Mahasiswa dapat menghubungi tim Support Perwalian melalui akun Ms. Teams: supportperwalian@stikom-bali.ac.id dan perwalianstikom@stikom-bali.ac.id pada hari dan jam kerja/operasional (Senin-Sabtu, pukul 08:00 – 18:00). Penggunaan Ms. Teams dalam konsultasi tersebut lebih diutamakan, karena dapat langsung dibimbing dalam proses perwalian melalui sharing desktop / video call. Gunakan bahasa yang sopan dan selalu sebutkan identitas (NIM & Nama) Anda saat bertanya.
Kembali ke halaman Login
Download Kartu Rencana Studi.
© STIKOM BALI 2021